Program Mengitung Luas Persegi Panjang Dalam PASCAL

luas Persegi Panjang
Program menghitung luas persegi panjang. Pada Kesempatan kali ini saya akan membagi sebuah tutorial cara membuat program menghitung luas persegi panjang. Sebelum membuat programnya kita perlu mendefiniskan variabel yang akan digunakan seperti : p (Panjang), l (Lebar), dan lu (luas). setelah itu ita buat algoritmanya atau dalam artian logiakanya.
-* Mulai
-* Masukkan Nilai Panjang
-* Masukkan Nilai Lebar
-* Luas sama dengan panjang kali lebar
-* Cetak Lusa
-* Selesai.
setelah meliahat algoritma diatas kita sudah bisa membuat programnya.
Program Luas_Ppanjang;
uses crt;
Var    l,p  : integer
         lu    : real
begin
        clrscr;
        write(‘Masukkan Nilai Panjang : ‘);readln(p);
        write(‘Masukkan Nilai Lebar    : ‘);readln(l);
        lu :=  p*l;
        writeln(‘Nilai Luas Persegi Panjang= ‘,lu);
readln;
end.

Alur Logika

  1. Program Luas_Ppanjang; Sebuah judul program boleh digunakan boleh tidak, kalau ingin digunakan harus sesuai prosedur dengan program nama judul;
  2. Uses crt; Sebuah defenisi program boleh ditulis boleh tidak. Biasanya apabila ingin menggunakan menu window clrscr; harus menggunakan uses crt;
  3. Var Sebuah deklarasi variabel, dimana setiap variabel di berikan type datnya dan bentuk datanya dapat berubah contoh : p, l : integer; berarti nilai p dan l adalah bilangan bulat
  4. Begin akhiri dengan end. Merupakan blok program yang mengandung pernyataan – pernyataan dan intruksi – intruksi baris program yang dibuat.
  5. Clrscr; Untuk membersihkan layar dari program sebelumnya. Setiap penggunaannya harus didefinisikan dengan uses crt;
  6. Write(‘Masukan Nilai panjang : ‘); adalah untuk menampilkan inis program dimana cursor berikutnya akan berada di smaping tulisan yang dibuat. Contoh diatas diminta untuk mencetak Masukkan Nilai panjang :_.
  7. Readln ( ); Untuk membaca suatu variabel atau program
  8. lu := p*l; sebuah proses pemberian niali suatu variabel. Dimana Variabel lu adalah jumlah dari hasil kali variabel p dan l.
  9. Readln; untuk melihat isi program setelah program di jalankan
-* catatan
     Untuk Tutorial kali ini hanya ini yang bisa saya bagikan mudah – mudahan tutorial ini bermanfaat bagi pembacanya, sampai ketemu lagi di tutorial selanjutnya.



Wassalam…
0 Komentar untuk "Program Mengitung Luas Persegi Panjang Dalam PASCAL"

Back To Top