Type Variabel Dalam PASCAL

Type Variabel Dalam PASCAL-. Konsep variabel dalam pemrograman mirip dengan konsep variabel dalam matematika. Variabel adalah suatu nama yang dapat diasosiasikan dengan sebuah nilai yang dapat kita manipulasi. Seperti dalam matematika, kita mengenal tipe untuk suatu variabel, misalnya 1 = x < 5 | x ? R yang artinya x adalah suatu variabel bertipe real (domain x adalah bilangan real), dengan range (jangkauan) 1 sampai 5.

Contoh penggunaan variabel yang sederhana ada pada contoh program kecil BACA.PAS. Perhatikan bahwa deklarasi variabel (pernyataan variabel apa memiliki tipe apa ada pada bagian sebelum blok utama begin end, seperti ini:

Program namaprogram;
var
nama_variabel : tipevariabel;
nama_variabel2 : tipevariabel2;
begin
(*bagian program utama*)
end.

Sintaks yang lebih lengkap dapat dilihat pada buku pemrograman bahasa Pascal. Perhatikan bahwa ketika dideklarasi sebuah variabel belum terdefinisi nilainya (sudah memiliki nilai, tapi tidak bias diprediksi nilai apa yang ada). Salah satu cara untuk memberi nilai variabel adalah melalui assignment.

Assignment
Assignment adalah pemberian nilai kepada variabel. Assignment memberikan nilai pada ruas kiri sesuai dengan hasil nilai di ruas kanan. Misalnya jika a adalah sebuah variabel yang tipenya bilangan bulat:

var a: integer;
begin
a:= 2;
end.

akan memberikan nilai 2 pada variabel a. Untuk melihat nilai a, kita bisa mengoutputkan nilai tersebut dengan instruksi writeln, seperti ini:

writeln(a);

setelah instruksi a:=2. Perhatikan bahwa tipe di sebelah kanan harus sama dengan tipe di sebelah kiri (pembahasan mengenai assignment untuk tipe yang berbeda dapat dilihat di bagian Kompatibilitas Tipe)

Representasi Tipe

Komputer hanya bisa memproses angka, sehingga semua tipe data dalam komputer akan diproses dalam bentuk bilangan integer. Bahkan kata-kata yang muncul dalam komputer juga diproses sebagai bilangan. Untuk masing-masing tipe yang dibahas di sini, akan diberikan juga representasi di dalam komputer untuk masing-masing tipe untuk mengetahui batasan dari setiap tipe. Pemahaman representasi tipe ini penting untuk mengetahui mengapa suatu tipe terbatas, mengapa hasil suatu operasi seperti yang dijelaskan. Sebenarnya representasi tipe ini menjadi bahasan dalam kuliah atau pelajaran arsitektur komputer, namun karena tidak ada buku lain yang digunakan yang memuat hal tersebut, pembahasan representasi akan digabung dalam penjelasan tipe. Perlu ditekankan bahwa pengetahuan mengenai representasi tipe tidak terlalu penting dalam pemrograman, yang penting adalah hanya mengetahui batasan dari setiap tipe yang ada, sehingga dapat memilih tipe yang tepat ketika membuat program.

Konstanta
Konstanta adalah suatu nilai yang tidak berubah. Contohnya pi (p), adalah konstanta yang digunakan sebagai perbandingan keliling lingkaran terhadap diameternya, dan e adalah konstanta bilangan euler. Dalam Pascal dan dalam semua bahasa prosedural lain sebuah nama boleh diberi nilai yang tidak akan diubah di dalam program, nama ini disebut sebagai konstanta. Kata kunci yang dipakai dalam Pascal adalah const.

Integer
Integer adalah suatu tipe bilangan bulat (negatif, positif, dan nol). Integer dipakai dalam kebanyakan operasi matematika dan loop, bahkan beberapa prosesor tidak memiliki kemampuan perhitungan bilangan real sehingga semua perhitungan numerik dilakukan dengan integer.


Karakter
Di dalam Pascal dan aneka bahasa lain, dikenal tipe data char yang bisa menampung satu karakter. Satu karakter adalah satu huruf, atau satu angka, atau simbol. Sebuah variabel bertipe karakter hanya boleh diisi dengan satu simbol saja, seperti ini:

var c:char;
begin
c:= 'A'; (* c berisi huruf A *)
end.


String
String sebenarnya adalah tipe variabel dasar yang cukup kompleks, namun akan sering dipakai, dalam bagian ini representasi string tidak akan dibahas, hanya penggunaannya saja. Suatu literal integer dapat ditulis seperti biasa: 5 atau 6, sedangkan literal string harus ditulis dengan diapit tanda kutip tunggal, seperti ini:

'ini string'

Jika ada tanda kutip di dalam string, digunakan dua kutip tunggal, jadi untuk menuliskan string “don't do that”,  harus seperti ini:

'don''t do that'


Boolean
Boolean adalah suatu tipe data yang hanya memiliki nilai true (benar) dan false (salah). Tipe Boolean sangat diperlukan dalam kondisi perulangan dan kondisional (menggunakan if). Ekspresi yang menghasilkan boolean bisa berupa ekspresi dengan tipe-tipe yang terdiri dari tipe boolean, bisa juga berupa ekspresi dari tipe lain.


Real
Real adalah tipe yang dapat menampung bilangan real. Tipe ini bisa menampung bilangan dengan suatu nilai di belakang koma dengan presisi tertentu (lihat bagian representasi real).

List tabel type variabel dalam PASCLA

  

referensi by Tutorial Pemrograman

0 Komentar untuk "Type Variabel Dalam PASCAL"

Back To Top